Label

Pekerjaan Menjual Jasa, Dokter, Guru, Tukang Cukur, Sopir, Polisi, Polwan, Pramugari, Tukang Pos, Ojek Online, Konsultan

9 Macam Pekerjaan Menjual Jasa dan 9 Macam Pekerjaan Menghasilkan Barang

Nama Pekerjaan Berdasarkan Produk Yang Dihasilkan


Begitu banyak pekerjaan yang di lakoni manusia untuk bisa menghasilkan barang dan jasa dalam rangka mendapatkan penghasilan baik secara moril maupun materil. Dalam melakukan aktivitas pekerjaan ada yang menawar jasa dan barang.

Pekerjaan Yang Menghasilkan Jasa

Maksud dari pekerjaan yang menghasilkan Jasa yaitu suatu pekerjaan yang memberikan pelayanan terhadap orang lain, tidak berupa barang yang terlihat oleh kasar mata. Jasa tersebut tidak ada wujudnya atau bentuk, melainkan hanya bisa dirasakan manfaatnya oleh konsumen.  

1. Dokter


Banyak anak-anak kecil yang bercita-cita menjadi dokter, dokter memang memberikan pelayanan jasa dalam menyembuhkan orang-orang sakit. Tentu saja pekerjaan tersebut merupakan suatu pekerjaan yang sangat mulia. Tapi untuk menjadi seorang dokter, seseorang harus menempuh pendidikan terlebih dahulu karena pekerjaan menjadi dokter ini berhubungan dengan nyawa manusia sehingga tidak bisa sembarangan dilakukan.


2. Guru


Guru sering disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa karena jasanya yang besar dalam mendidik dan mengajarkan murid-murid agar bisa pintar dan sukses kelak. Selain mendidik dan mengajar, tugas lain dari seorang guru yaitu melatih, menilai, membimbing, mengarahkan, lalu mengevaluasi hasil atau ilmu yang sudah diajarkan pada muridnya.

3. Tukang cukur


Menjadi tukang cukur tidak harus melewati pendidikan khusus tetapi pekerjaan yang berhubungan dengan jasa cukur rambut ini membutuhkan keahlian tertentu. Jasa yang diberikan oleh tukang cukur adalah memberikan pelayanan dalam mencukur rambut serta merapikan rambut sesuai keinginan pelanggan.

4. Sopir (pengemudi)


Jenis sopir yang bisa dijadikan profesi misalnya sopir angkutan umum atau sopir pribadi, sama halnya dengan tukang cukur, sopir juga memerlukan keahlian khusus yaitu menyetir kendaraan dengan baik dan mengantarkan penumpang ke tempat yang dituju. Lisensi mengemudi kendaraan bisa diperoleh secara otodidak atau pada tempat kursus mengemudi dengan kemudian nantinya mendapatkan SIM dari kepolisian. Jenis pekerjaan ini bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan banyak juga anak-anak SMA yang menjadikan pekerjaan ini sebagai sampingan.

5. Polisi / Polwan (Penjaga Keamanan)


Polisi disebut sebagai pengemban tugas negara dalam menegakkan hukum dan mencegah atau menghapus kejahatan yang sering kali terjadi di kehidupan sehari-hari . Jenis jasa yang diberikan polisi pada masyarakat adalah menjaga keamanan dan ketertiban kehidupan masyarakat, memberi pengayoman, perlindungan, dan pelayanan pada masyarakat.

6. Pramugari


Pramugari merupakan salah satu kru pesawat yang bertugas melayani penumpang selama berada di dalam pesawat dan selama perjalanan. Pelayanan jasa yang biasa diberikan pramugari pada penumpang diantaranya menyediakan makanan dan minuman, memberi penjelasan mengenai prosedur keamanan di pesawat, dan lain-lain.



7. Tukang Pos



Tukang pos adalah salah satu contoh dari pekerjaan yang menghasilkan Jasa. Pelayanan yang diberikan yaitu berupa jasa mengantarkan barang atau surat ke alamat penerima. Coba bayangkan jika tidak ada tukang pos, tentunya kita akan mengalami kesulitan ketika hendak mengirimkan paket, surat, dokumen kepada teman atau saudara yang jauh dari kita. Selain tukang Pos ada juga jasa pengiriman lain yang di kelola oleh swasta.


8. Ojek Online


Ojek Online adalah pekerjaan yang menjual jasa mengantarkan penumpang. Dengan Ojek Online akan mempermudah anda untuk pergi ke Sekolah, Kantor maupun ke tempat lain sesuai keperluan. Cara memesan ojek online dengan menggunakan aplikasi yang terhubung dengan jaringan internet. Selain itu Ojek Online juga melayani jasa penjemputan, pengantaran makanan.


9. Konsultan


Menurut Wikipedia Pengertian Konsultan adalah seorang tetana profesional yang menyediakan jasa kepenasihatan (consultancy Service) dalam bidang tertentu, seperti akuntansi, pajak, lingkungan, biologi, hukum, koperasi dan lain-lain. Perbedaan antara seorang konsultan dengan ahli biasa adalah sang konsultan bukan merupakan pegawai dari sebuah perusahaan (client), melaikan seseorang yang menjalankan usahanya sendiri atau bekerja di sebuah perusahaan kepenasihatan, serta berurusan dengan berbagai penggunalayan dalam satu waktu. Buat kamu yang hobi berbicara sebaiknya profesi ini bisa di asah sejak dari dini.

Macam – macam Pekerjaan Yang Menghasilkan Barang



Pekerjaan yang menghasilkan barang yaitu setiap pekerjaan yang tujuan menghasilkan sebuah produk atau barang yang bisa dilihat fisik, serta dapat dipindahtangankan. Dalam hal ini pekerja bertindak selaku produsen sehingga ia akan mendapatkan hasil setelah barang di produksinya di beli konsumen. Berikut ini adalah contoh pekerjaan yang menghasilkan barang nyata.

1. Nelayan


Nelayan adalah orang yang menangkap ikan di lautan dan membawa ikan tersebut ke daratan untuk dijual kepada konsumen. Nelayan memiliki wilayah pekerjaan di sekitar perairan baik perairan tawar, laut, maupun air payau. Cara nelayan menangkap ikan di lautan bisa menggunakan alat manual ataupun modern.

2. Penulis


Penulis adalah seorang yang bekerja dengan cara menulis sebuah konten yang dapat diperjual belikan. Tetapi penulis juga bisa di kategorikan sebagai Pekerjaan Jasa karena penulis juga bisa disewa jika client meminta untuk dibuatkan tulisan sesuai permintaannya. Pekerjaan ini sangat cocok bagi seorang yang mampu merangkai kata-kata sehingga enak dan menarik untuk dibaca.


3. Percetakan


Jenis pekerjaan yang menghasilkan barang lainnya yaitu percetakan, pekerjaan ini berhubungan dengan memproduksi gambar ataupun tulisan menggunakan mesin cetak atau tinta. Pada umumnya barang yang dihasilkan oleh percetakan ini berupa buku, majalah, koran, poster, dan lain sebagainya.

4. Tukang kayu


Profesi tukang kayu juga sedang mengalami peningkatan karena banyak sekali produk atau barang yang dihasilkan dari kayu yang digunakan oleh banyak orang misalnya lemari, tempat tidur, kusen, kursi, bahkan atap rumah. Hasil dari furnitur berbahan kayu ini juga bahkan ada yang sampai diimpor ke luar negeri karena memiliki corak dan bahan yang bagus.


5. Penjual makanan


Dunia kuliner sudah sangat akrab di kehidupan kita karena semakin banyaknya jenis makanan yang beragam yang dijual oleh orang-orang. Menjajakan makanan juga termasuk pada pekerjaan yang menghasilkan barang dan barang yang dihasilkannya adalah makanan yang dikonsumsi pembelinya contohnya tukang siomay, tukang bakso, tukang gorengan atau ibu-ibu yang menjual masakan di warteg.


6. Petani


Petani termasuk salah satu cotoh pekerjaan yang menghasilkan barang. Mereka menanam, merawat, dan memanen hasil pertaniannya untuk menghasilkan berbagai macam barang dari pertanian, seperti Padi, Jagung, Sayur-sayuran. Barang yang dihasilkan dari pertanian bisa mereka jual kepada orang lain.

7. Penjahit Pakaian


Para penjahit mengubah barang setengah jadi menjadi barang siap pakai. Oleh sebab menghasilkan pakaian, maka para penjahit juga termasuk dalam kategori pekerjaan yang menghasilkan barang. Walaupun demikian, penjahit juga bisa termasuk jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa, misalnya jika Anda memintanya untuk menjahitkan pakaian yang sobek atau rusak.

8. Pengrajin


Membuat kerajinan tangan termasuk pekerjaan yang menghasilkan barang. Para pengrajin mengubah barang-barang bekas menjadi sebuah produk yang memiliki nilai jual tinggi. Barang yang dihasilkan seperti Keset, bros, dan hiasan dinding adalah diantara contohnya.

Simak juga Usaha Kerajinan Dari Limbah

9. Peternak


Peternak merupakan kegiatan mengembangbiakan atau membudayakan hewan ternak untuk mendapat manfaat dari hasil kegiatan tersebut. Seperti Peternak Bebek menghasil telur atau daging bebek.

Nah, demikian uraian tentang Jenis Pekerjaan Yang Menghasilkan Jasa dan Pekerjaan Yang menghasilkan barang. Setelah memahami pengertian dan contoh-contoh diatas anda akan bisa membedakan pekerjaan seseorang. Apakah dia penjual jasa atau penghasil barang.
Copyright © Kerja Cerdas. All rights reserved.