Label

Peluang Usaha Layanan Administrasi Online, Keahlian Yang dibutuhkan

Layanan Administrasi OnlineGambaran umum Bisnis Layanan Administrasi Online. Dalam kegiatan operasional sebuah perusahaan tidak bisa terlepas dari kegiatan  administrasi. Apapun kegiatan yang  berlangsung dalam perusahaan harus dicatat  serta perlu diarsipkan, seperti inventaris kantor, data penjualan, data pembelian, data  produksi, laporan keuangan dan hal-hal yang menyangkut kegiatan perusahaan.

Dengan banyaknya aktivitas perusahaan maka  diperlukan tenaga administrasi yang dapat diandalkan. Tapi kendalanya tidak semua perusahaan bisa menemukan tenaga administrasi yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan perusahaan mereka. Perusahaan membutuhkan tenaga administrasi yang mampu bekerja dengan capat, ceremat dan teliti dalam mencatat segala kegiatan perusahaan. 

Untuk mengefisiensikan banyak perusahaan  yang tidak keberatan untuk mempekerjakan tenaga administrasi dalam jumlah yang banyak. Dengan begitu membuka peluang bagi bisnis  baru yaitu layanan administrasi online,  untuk mempermudah dalam kegiatan  administrasi perusahaan. Bisnis administrasi  online ini bergerak di bidang jasa yang  memberikan layanan administrasi kepada perusahaan-perusahaan (outsourcing) seperti pembukuan, pengarsipan, dan sebagainya.


Supaya bisnis ini bisa berjalan dengan lancar, maka Anda harus memiliki keahlian organisasi arsip supaya bisa mengarsipkan data-data akuntansi, pengarsipan surat, dan administrasi-administrasi lainnya.

Sebagai bisnis online, modal awal yang diperlukan untuk bisa menjalankan bisnis ini tidaklah terlalu banyak. Anda hanya cukup membuat atau memiliki sebuah website. Nah, untuk menciptakan website tersebut anda membutuhkan hosting server, domain, koneksi internet, dan desain web. Untuk mencukupi kebutuhan tersebut, anda minimal harus mengeluarkan anggaran sebesar Rp. 2.000.000 - hingga 2.500.000,. sebagai modal awal. Untuk menghindari pembengkakan modal, sebaiknya Anda menjalankan bisnis ini di rumah saja, sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa gedung, listrik, telepon. Anda bisa memakai paket layanan TV Kabel berikut Internet yang di rumah saja.


Seandainya Anda punya kehalian yang diperlukan, maka Anda tidak perlua mempekerjakan orang lain, Anda bisa menjalankannya sendiri. Memang pada awal-awalnya bekerja sendiri menguras tenaga dan pikiran. Tapi, dengan begitu Anda bisa lebih mudah mengorganisasikan pekerjaanb dan mengendalikan tugas-tugas yang masuk. Apabi bisnis ini sudah berjalan dan berkembang, maka saat itulah baru Anda merekrut seorang karyawan. Karyawan tersebut harus memiliki keahlian dasar yang berhubungan dengan tugas-tugas administasi.


Walaupun berbasis bisnis online, namun pasar sasaran dari bisnis ini tidak menjangkau pasar internasional, akan tetapi hanya mencakup lokal dan nasional saja. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan peraturan perundang-undangan berkenaan dengan ketentuan akuntansi dan perpajakan di setiap negara. Perbedaan inila yang bisa menimbulkan kerancuan dan kesalahpahaman dalam membuat laporan keuangan perusahaan. Oleh karena itu, potensi pasar dari bisnis ini adalah pasar lokal dan nasional yang berada dalam jangkauan hukum administrasi yang sama. Walaupun demikian, Anda tidaklah perlu berkecil hati, mengingat negara Indonesia sendiri memiliki banyak perusahaan baik yang berskala kecil, menengah, dan besar, yang tentunya membutuhkan jasa dari bisnis asosiasi manajemen ini.


Dari menjalankan bisnis yang satu ini Anda dapat memperoleh penghasilan tambahan, di antaranya adalah menyediakan layanan promosi bagi perusahaan klien melalui Website Anda. Jika Klien yang Anda tangani sudah cukup banyak, Anda bisa menyelenggarakan sistem keanggotaan dengan cara membuat sejenis bulletin yang di sebarkan pada seluruh anggota.


Bisnis outsourcing pengarsipan dokomen di Indonesia saat sekarang belum banyak dikembangkan. Akan tetapi, bisnis ini telah banyak dijumpai di negara-negara maju seperti Amerika Serikat serta Negara-negara Eropa Lainnya. Diantaranya adalah SmithBucklin. SmithBucklin mulai dirintis oleh William E. Smith pada tahun 1949 di pusat kota Chicago.

Pada awal mula berdirinya, SmithBucklin telah mampu menyedot perhatian dari 9 (sembilan) perusahaan yang selanjutnya menjadi klien SmithBucklin. Dengan memakai tenaga kerja sebanyak 22 orang, SmithBuckin berusaha untuk memberikan hasil yang terbaik pada kliennya.
Tampilan Website SmithBucklin

Seiring dengan performa yang menakjubkan, Jasa SmithBucklin semakin dikenal secara luas sehingga membuat SmithBucklin memiliki banyak perusahaan yang mempercayakan tugas-tugasnya administrasinya kepada perusahaan jasa asosiasi manajemen ini. Sekarang SmithBucklin menangani tugas-tugas perusahaan perdagangan, teknologi, kelompok profesional, instansi pemerintah, dan lembaga swadaya masyarakat.

Sebagai perusahaan jasa yang berberak dalam bidang administratif SmithBucklin tidak hanya sekedar mengerjakan tugas-tugas administrasi dari kliennya saja, akan tetapi juga berperan sebagai konsultan. Dalam peranan ini, SmithBucklin membantu para kliennya untuk mengelola dan mengendalikan aset dan finansial perusahaan agar mampu menghadapi gejolak dan krisis ekonomi yang menghadang. Disamping itu, SmithBucklin juga membantu para kliennya dalam mengelola aset sehingga bisa mendukung iklim persainyan bisnis yang semakin ketat.

Nah demikian uraian tentang Bisnis Administrasi Online, semoga ada manfaat yang bisa diambil dan anda kembangkan sendiri.
Copyright © Kerja Cerdas. All rights reserved.