Saturday, August 11, 2018

Peluang Bisnis Produk Kecantikan

Gambaran Umum Bisnis Produk Kecantikan


Kebutuhan wanita untuk selalu tampil cantik merupakan peluang bisnis yang tidak boleh disia-siakan. Seiring dengan perubahan pola dan gaya hidup yang ingin serba praktis, cepat, dan mudah menjadikan bisnis kosmetik atau penjualan produk kecantikan secara online memiliki prospek yang menjanjikan.

Para wanita yang memiliki kesibukan tinggi baik dalam berkarier maupun mengurus rumah tangga tentu tidak mempunyai banyak waktu untuk berbelanja kosmetik. Karena itu, bisnis penjualan kosmetik secara online mampu mengakomodasi kebutuhan para kaum wanita terhadap tuntutan menjaga penampilan dan kecan-tikan. Jadi, bisnis ini merupakan solusi atas permasalahan kaum wanita yang terjebak dalam kesibukan yang tinggi.

Modal Awal yang Dibutuhkan Untuk Bisnis Produk Kecantikan


Besarnya modal awal untuk menjalankan bisnis kosmetik online ini pada prinsipnya tergantung pada banyak sedikitnya inventaris produk yang akan dijual. Untuk memajang produk kosmetik Anda tidak membutuhkan ruang khusus seperti toko konvensional lainnya, tetapi sebuah website. Selain untuk keperluan inventaris produk kecantikan, Anda juga membutuhkan modal untuk membangun website. Jumlah modal yang dibutuhkan untuk keperluan ini secara umum tidak terlalu besar hanya untuk membayar hosting server, domain, dan desain web. Tarif yang ditawarkan oleh penyedia layanan hosting server, domain, dan desain web sangatlah beragam. Meskipun demikian dapat dirata-rata untuk memenuhi kebutuhan tersebut dibutuhkan biaya berkisar antara Rp 1.500.000,- hingga Rp 2.000.000,- per tahun. Sementara untuk persediaan produk kosmetik, Anda bisa memenuhinya secara langsung atau Anda baru akan memenuhinya ketika mendapat pesanan. Jika Anda memilih opsi yang kedua, maka modal yang dibutuhkan hanya untuk membangun website saja. Namun hal penting yang harus Anda ingat adalah Anda harus menjalin kerja sama dengan agen atau distributor produk kosmetik sehingga Anda tidak kesulitan dalam hal pengadaannya.

Jumlah Pegawai yang Dibutuhkan Dalam Menjalankan Bisnis Produk Kecantikan

Sebagai permulaan, bisnis ini bisa dijalankan oleh Anda sendiri sehingga Anda bisa menghemat pengeluaran untuk gaji karyawan. Mengingat bisnis ini dijalankan secara online, maka Anda tidak

perlu menunggu berjam-jam seperti halnya pada bisnis toko kosmetik konvensional. Anda hanya perlu mengecek ada tidaknya pesanan yang bisa dilakukan sehari 3 atau 4 kali per dua minggu.

Potensi Pasar Bisnis Produk Kecantikan

Sasaran pasar utama dari bisnis ini jelas kaum wanita, namun tidak tertutup kemungkinan kaum pria juga berpotensi untuk dibidik. Misalnya, kaum pria yang ingin menghadiahi pacar atau istrinya. Secara lebih spesifik, potensi pasar yang bisa dibidik oleh bisnis ini adalah sebagai berikut:
  • Wanita karir yang memiliki kesibukan tinggi sehingga tidak memiliki waktu untuk merawat kecantikan secara khusus.
  • Ibu rumah tangga yang aktif dan dinamis sehingga senantiasa ingin berpenampilan cantik dan menarik di mata suaminya.


Hal Penting yang Perlu Diketahui Tentang Bisnis Produk Kecantikan

Satu hal yang perlu Anda perhatikan dan cermati dalam menjalankan bisnis ini adalah masalah penetapan harga produk. Harga produk kosmetik yang dijual secara online ini akan sangat bersaing dengan harga kosmetik yang dijual secara offline. Oleh sebab itu, pastikan Anda mampu memberikan pemahaman kepada konsumen bahwa lebih mahalnya produk kosmetik yang dijual secara online karena adanya pembebanan biaya kirim kepada konsumen. Selain itu pastikan pula bahwa konsumen memperoleh manfaat atas pembelian produk kosmetik secara online tersebut. Hal ini dimaksudkan bahwa konsumen tidak perlu mengeluarkan biaya untuk bensin, terjebak kemacetan lalu lintas, dan lain sebagainya, tetapi hanya cukup menunggu di rumah dan bisa menerima produk yang dibelinya secara tepat waktu.

Penghasilan Tambahan dalam Bisnis Produk Kecantikan

Dalam bisnis penjualan kosmetik secara online, Anda bisa memperoleh penghasilan tambahan dengan cara menjual aksesori yang berhubungan dengan produk-produk utama Anda. Sebagai contoh misalnya, tas perlengkapan make-up, handuk, tas tangan, dan lain sebagainya.


Bisnis kosmetik mengalami persaingan yang sangat ketat, tidak hanya dari produsen dalam negeri tetapi juga produsen dalam negeri. Produsen kosmetik saat ini tidak hanya memproduksi tetapi juga bertindak sebagai penjual langsung. Salah satunya Oriflame. Oriflame merupakan produsen kosmetik yang berasal dari Swedia. Meskipun demikian, kosmetik yang diberi merek sama yakni Oriflame ini telah dikenal di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Selain menjual produk kosmetik secara langsung, Oriflame juga menawarkan jasa sebagai konsultan bagi siapa pun yang ber-minat. Untuk menjadi konsultan produk kosmetik ini, Oriflame menawarkan beragam pelatihan di bidang penjualan dan program pengembangan kepemimpinan. Oriflame mengutamakan sistem penjualan langsung yang memungkinkan pelanggan atau kon¬sumen dapat memperoleh informasi dan inspirasi dari orang yang dikenal atau yang dipercayai secara langsung.

No comments:

Post a Comment