Label

Pelelangan Online, Keahlian, Modal Awal, Potensi Pasar, Teknik Marketing, Studi Kasus

Gambaran Tentang Bisnis Tempat Pelelangan Online


Mungkin Anda berpikir bahwa tempat pelelangan membutuhkan ruang khusus dengan ukuran yang luas sehingga mampu menampung barang-barang dan peserta lelang. Gambaran tersebut merupakan tempat pelelangan konvensional yang membutuhkan cukup banyak biaya yang tidak sesuai dengan kondisi jaman sekarang.
Bisnis tempat pelelangan online ini menyediakan jasa ruang untuk melelang produk melalui website. Secara sekilas, bisnis ini sepertinya mudah untuk dijalankan karena Anda hanya membutuhkan sebuah website saja. Meskipun demikian, menempatkan produk lelang agar tampak menarik dibutuhkan suatu seni dan keterampilan berkenaan dengan tata letak. Berkenaan dengan hal tersebut, Anda membutuhkan program komputer spesial yang dapat membantu Anda menata letak produk yang akan dilelang di website Anda. Penghasilan utama yang Anda peroleh dari bisnis ini adalah komisi atas penjualan produk yang dilelang pada website Anda.

Keahlian yang Dibutuhkan Dalam Tempat Pelelangan Online

Bisnis ini membutuhkan keahlian di bidang teknologi dan fotografi digital. Bidang teknologi dibutuhkan untuk menciptakan dan mempublikasikan website. Sementara bidang fotografi digital digunakan untuk mengatur komposisi dan letak foto digital dari produk lelang yang akan ditampilkan ke dalam website.

Modal Awal yang Dibutuhkan Bisnis Tempat Pelelangan Online


Seperti halnya dengan bisnis online lainnya, bisnis tempat pele-langan online ini juga tidak membutuhkan banyak modal untuk memulainya. Anda hanya perlu membayar hosting server, domain, dan untuk desain web Anda dapat memanfaatkan template CMS gratis. Untuk itu, paling tidak Anda harus mengeluarkan modal yang berkisar antara Rp 2.000.000,- hingga Rp 2.500.000,-. Namun, jika Anda ingin menggunakan jasa seorang web developer untuk membuat website pelelangan, mungkin biaya yang Anda perlukan dapat mencapai minimal Rp 10.000.000,-, tergantung pada website seperti apa yang akan Anda buat.

Sebagai catatan, ada beberapa CMS lelang online (auction) yang dapat dipakai. Ada yang berbayar (mulai dari GSD 160), ada pula yang gratis. seperti web dibawah ini.



Jumlah Pegawai yang Dibutuhkan Untuk Bisnis Tempat Pelelangan Online


Jumlah pegawai yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini pada prinsipnya tergantung pada skala dan perkembangan bisnis Anda nantinya. Namun, sebagai langkah awal, bisnis tempat pelelangan online ini bisa dioperasionalkan oleh Anda sendiri mengingat Anda hanya menyediakan sistemnya sementara distribusi barang dilakukan oleh penjual yang ingin melelang barangnya itu.

Potensi Pasar  Tempat Pelelangan Online


Bisnis tempat pelelangan online ini memiliki potensi pasar internasional yang kuat, selain pasar lokal dan nasional tentunya. Dengan bisnis ini, Anda bisa menghubungkan penjual dan pembeli dari berbagai belahan bumi yang berbeda. Sebagai contoh, website Anda melelang kuda poni yang dijual oleh orang Amerika Serikat dan ternyata kuda tersebut diminati oleh pembeli dari Australia. Yang penting, Anda memahami aturan-aturan pengiriman barang termasuk adanya kemungkinan masalah legalitas terhadap barang-barang yang dijual. Tiap-tiap negara memiliki aturan tentang keluar masuknya barang dari satu negara ke negara lain yang beragam

Teknik Marketing dan Promosi Tempat Pelelangan Online


Dalam menjalankan bisnis ini, teknik-teknik marketing dan promosi yang bisa Anda terapkan antara lain dengan Memberikan informasi mengenai produk-produk lelang yang akan segera ditampilkan di dalam website, sehingga konsumen mengetahui apakah dalam daftar produk lelang tersebut terdapat produk yang diinginkannya. Gunakan newsletter atau mailing list untuk mem-beritahu banyak konsumen secara massal. Tentu saja, konsumen-konsumen itu harus mendaftarkan dirinya terlebih dulu.

Studi Kasus Tempat Pelelangan Online

Pasar bisnis tempat pelelangan online di Indonesia pada prinsipnya masih terbuka lebar. Hal ini disebabkan belum banyaknya pengusaha yang terjun dan menggeluti bisnis ini. Jika Anda ingin merintis bisnis ini, maka Anda bisa belajar dari salah satu jasa pelelangan terbesar di dunia, yaitu Ebay. Ebay merupakan tempat lelang online yang menyediakan beragam kategori produk lelang seperti barang antik, elektronik, kendaraan, furniture, dan lain sebagainya. Perusahaan lelang online ini didirikan pada tahun 1995 oleh Pierre Omidyar.

Dari ilustrasi di atas tampak bahwa daflar kategori produk yang dilelang ditempatkan di sisi kiri. Ketika Anda mengklik salah satu kategori produk, Anda akan dihadapkan pada jenis-jenis produk yang tergolong dalam kategori yang dipilih. Jika Anda klik link salah satu jenis produk, maka Anda langsung dihadapkan pada deretan produk yang dilelang beserta dengan harganya seperti tampak pada ilustrasi berikut.

Sebagai bisnis online, Ebay memilih layanan Paypal untuk sistem pembayaran atas transaksi jual beli produk lelangnya. Layanan Paypal dinilai mampu menjamin keamanan bertransaksi sehingga proses pengiriman uang kepada penjual dapat berlangsung secara aman.
Copyright © Kerja Cerdas. All rights reserved.