Label

Bisnis Desain Iklan Banner, Keahlian, Modal Awal, Jumlah Pegawai, Penghasilan Tambahan, Studi Kasus

Gambaran Tentang Bisnis Desain Iklan Banner


Bisnis online dilakukan oleh siapa pun baik perusahaan yang berskala besar, menengah, maupun kecil. Namun untuk bisnis skala kecil tentu tidak memiliki staf IT khusus yang mengelola website dan menampilkan iklan-iklan banner di halaman websitenya. Kondisi ini memunculkan peluang bisnis baru bagi para desainer grafis untuk menjadi desainer iklan banner.
Berkaitan dengan hal tersebut, jika Anda seorang desainer grafis, Anda bisa menyediakan layanan pembuatan desain iklan banner. Anda bisa bernegosiasi dan membicarakan konsep desain iklan banner yang diinginkan klien melalui telepon atau email. Dari layanan pembuatan desain iklan banner tersebut Anda bisa memperoleh penghasilan.

Keahlian yang Dibutuhkan untuk menjalankan Bisnis Desain Iklan Banner

Keahlian yang dibutuhkan untuk bisa menjalankan bisnis ini jelas dalam wujud keterampilan desain grafis. Di sini Anda dituntut untuk menguasai software-software desain grafis seperti Photoshop, CorelDraw, Illustrator, Flash, dan lain sebagainya. Kemampuan Anda menguasai beragam software tersebut memungkinkan Anda untuk menghasilkan desain yang unik, menarik, ekspresif, dan komunikatif. Jika Anda kreatif dan inovatif, Anda bisa menggunakan animasi pada desain iklan banner rancangan Anda.

Modal Awal yang Dibutuhkan untuk Memulai Bisnis Desain Iklan Banner

Desainer grafis biasanya telah memiliki perangkat komputer sekaligus software yang digunakan untuk membuat desain. Jika Anda termasuk salah seorang di antaranya, maka modal yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis ini tidak terlalu banyak. Web hosting dengan tarif Rp. 25.000,- per bulan sudah layak. Atau jika tidak, Anda bisa membuat blog untuk menampilkan karya-karya Anda. Tentu saja, blog bersifat gratis.

Jumlah Pegawai yang Dibutuhkan Dalam Menjalankan Bisnis Desain Iklan Banner


Bisnis ini dapat dijalankan oleh Anda sendiri mulai dari bernegosiasi dan membicarakan konsep iklan dengan klien hingga mendesain banner sesuai keinginan klien.

Hal Penting yang Perlu Diketahui Tentang Bisnis Desain Iklan Banner

Dalam bisnis online juga berlaku persaingan, bahkan persaingan bisnis online bisa lebih ketat dibandingkan dengan bisnis offline. Berkenaan dengan hal tersebut, Anda harus mengutamakan layanan yang berkualitas dan desain yang benar-benar menarik. Selain itu, tampilan website juga berpengaruh terhadap kualitas desain banner Anda. Artinya, desain halaman web yang menarik akan memberikan nilai tambah bagi proses pembentukan citra bisnis Anda. Untuk menunjang kualitas layanan, Anda bisa menampilkan kesan dan pesan dari para klien Anda sehingga pengunjung website memperoleh bukti bahwa Anda memiliki kompetensi di bidang desain iklan banner.

Penghasilan Tambahan dalam Bisnis Desain Iklan Banner

Selain penghasilan utama, Anda juga bisa memperoleh penghasilan tambahan dari bisnis ini. Pada prinsipnya desain grafis memiliki jangkauan yang sangat luas. Artinya, dengan keahlian desain grafis yang dimiliki, Anda bisa membuat desain-desain lain yang bisa Anda tawarkan kepada pihak-pihak yang terkait misalnya seperti desain sampul e-book, desain undangan, desain e-brochure, dan lain sebagainya.

Studi Kasus Bisnis Desain Iklan Banner


Di dunia maya banyak sekali desainer grafis yang menawarkan jasa pembuatan desain iklan banner, salah satu di antaranya adalah Hey Banner Banner. Hey Banner Banner merupakan website yang diciptakan oleh seorang desainer grafis berpeng-alaman bernama Darrel Coomes. Darrel Coomes telah menggeluti dunia desain web grafis sejak tahun 1995.

Dengan keahliannya di bidang desain grafis, seni, fotografi, ilustrasi, dan copywr'tting, Darrel Coomes menawarkan beberapa opsi layanan di antaranya kebebasan desainer untuk meng-ekspresikan did sehingga proses kreativitas tetap terkendali, pengembangan konsep dan copy writing oleh desainer, serta mendesain banner sesuai dengan konsep yang diinginkan oleh klien. Untuk memberikan pilihan kepada klien, Darrel Coomes menyediakan konsep dan contoh banner hasil kreasinya, sehingga klien dapat memilih dan desainer dapat memodifikasinya.

Dalam hal pembayaran, Darrel Coomes menggunakan jasa Paypal dan kartu kredit dengan merek Visa, Master Card, dan American Express. Meskipun demikian, jasa Paypal lebih diutamakan meng-ingat transaksinya lebih aman.
Copyright © Kerja Cerdas. All rights reserved.